Senin, 23 Agustus 2010

Helm INK GP 2 Race

Akhir bulan Juli lalu, saya kehilangan helm INK ENZO yang belum berusia 1 bulan.
Hilang saat di parkiran pecel ayam...

Sedih, karena posisi motor berada di belakang punggung saya, sayangnya di belakang punggung saya ada kain spanduk pecel ayam... Helm yang ter-ikat erat di motor bisa diambil orang (maling) tanpa ketahuan suaranya oleh saya... hmmmm sedih....
Yah sudah lah, ikhlas-kan saja...


Kmaren kebetulan dapet rejeki sebuah helm INK type GP 2 Race dari PT Astra Honda Motor...
Terimakasih banyak AHM...
(Thx sekali buat Allah SWT yang memberikan helm ini lewat AHM, engkau memang tahu apa yang paling baik buat saya)...

Cuma seperti biasa,
setiap punya barang baru, saya selalu mencari buku panduan penggunaan/ perawatannya.

Waduh...
Tapi gak ada nih di dus nya (gak ada buku panduannya)....

Saya berpikir, gimana nih cara merawat helm ini terutama cara membuka visor (kaca) helm nya?
Jika suatu saat visor helm kotor, saya lebih senang membuka visor dari helmnya dan dicuci dibawah guyuran air bersih dari keran (supaya visor tidak cepat baret)....

Akhirnya, sambil menunggu hujan reda di acara test drive New MegaPro 150 cc,
saya coba otak-atik nih helm...

Ada perasaan takut rusak sih (mana nih helm masih baru pula), tapi sudahlah, saya beranikan ngoprek2...
*bukan pringgo namanya kalo gak ngoprek-ngoprek.

Akhirnya berhasil juga,
Beginilah langkah-langkah cara melepaskan visor helm INK GP2 Race dari helm nya:
 
1. Tarik ujung kuping visor ke arah luar (lihat gambar).

2. Sambil ujung kuping visor ditarik (agar tonjolan pengunci tidak membaret visor), putar ke arah atas sampai mentok (sekitar 90°).
 
3. Trus lepaskan kuping visor dengan menariknya kearah luar...


4. Setelah kedua kuping visor (kanan dan kiri) terlepas, untuk melepaskan visor nya, buka/naikkan dahulu visor 1/2 dari full (tidak perlu sampai mentok ke atas).

5. Lalu lihat di pengait visor-nya, lepaskan bagian atasnya dahulu (dengan menariknya keluar), lalu turunkan ke arah bawah... Lepas deh.... (Lakukan pada sisi yang satunya)


Untuk, cara pasang visor-nya, yaitu kebalikan dari cara melepasnya yah...

Semoga artikel ini bisa membantu rekan2 untuk merawat helm nya...