Selasa, 14 September 2010

Cegah dop velg mobil copot/ hilang

Di bagian tengah velg mobil yang alloy (racing) biasanya ada dop (tutup) nya yang da lambang/merk kendaraan atau velg-nya...

Terkadang dop ini lama-lama menjadi kendor, alalagi kalau nih velg sudah beberapa kali di balancing (yang mengharuskan dop velg dibuka).

Jika dibiarkan, dop ini akan copot dan hilang...
Tampilan mobil pun menjadi jelek, karena bagian tengah velg menjadi bolong...
Apalagi biasanya harga dop velg ini tidak murah... Sayang juga kan kalau sampai hilan...

Ada tips sederhana supaya dop ini bisa menempel erat kembali di velg,
Ada orang yang pakai lem, ada yang pakai double tape, dsb...

Tapi kita yang praktis-praktis aja deh...
Tidak perlu sampai ngerepotin jika suatu saat dop velg ini mau dilepas dan dipasang lagi.
Betul nggak? :)

Yang perlu disiapkan paling cuma isolasi pipa air...

Itu tuh yang bentuknya seperti pita dan biasanya berwarna putih...
Merk isolasi pipa-nya boleh apa saja, gak masalah kok...
*bhineka tunggal ika deh...

Yuk kita mulai,
Pertama-tama, kita copot dulu dop nya yang longgar.
Biasanya kalau sudah longgar begini, dibuka pake bantuan obeng minus (dengan cara dicongkel) juga bisa copot dengan mudah dop-nya...

 
Setelah dop terlepas,
Siapkan deh isolasi pipa-nya....


Mulai lilitkan isolasi pipa di satu bagian pengait dop.

Cara melilitnya,
dibuat lilitan menjadi sedikit tebal dengan cara membuat lebar lilitan pita menjadi lebih kecil di bagian tonjolan pengait dop velg (jadi lebar pita yang dililitkan di dop velg menjadi lebih kecil caripada lebar pita yang pada roll isolasi pitanya).


Setiap satu tonjolan pengait dop, kira-kira diberi 5 lilitan isolasi pipa. (tidak perlu berlebihan, karena nanti dop nya malah susah masuk/ dipasang ke lubang velg).
Setelah tiap bagian pengait dop terlilit sebanyak 5 lilitan, maka lilitan pita isolasi pipa tidal perlu diputus, tapi dilangsungin aja ke tonjolan pengait yang satunya lagi...


Caranya lihat gambar...
Masukkan dulu ke bagian dalam tonjolan pengait dop lalu putar kearah luar mengitari tonjolan pengait dop...
(kalo kurang jelas, klik aja pada gambar di bawah ini agar keluar gambar yang lebih besar)... hehehe...



Kira-kira seperti ini lah alur lilitan isolasi pipanya...


Setelah semua tonjolan pengait dop terlilit isolasi pipa,
maka putuskan saja isolasi pipa yang masih sisa pada tonjolan pengait dop yang paling akhir...

Lalu pasang deh dop ke velg nya...


Tuh, mantab kan...
Dop velg sudah menempel erat lagi di velg nya...


Selamat mencoba yah...
Semoga bermanfaat...