Selasa, 22 Juli 2008

Pasang Filter A/C mobil

Tahu nggak?
mobil-mobil keluaran sekarang (di indonesia) mulai mengadopsi filter A/C (Air Conditioner) (begitulah orang awam menyebutnya. red).

Sebenarnya ini adalah Cabin Air Filter (CAF), tujuannya supaya udara yang dihembuskan oleh AC mobil disaring dulu dari partikel-partikel kotoran (debu, dsb).
Selain itu, manfaat yang diperoleh dari penggunaan CAF ini yaitu meringankan biaya servis AC.
kenapa?
dengan memasang CAF, kisi-kisi evaporator menjadi bersih karena tidak ada debu yang menempel di kisi-kisi evaporator tersebut. Hembusan hawa AC pun selalu dingin.
Jika AC menjadi kurang dingin,
Jangan khawatir, periksa saja CAF di mobil anda, kotor atau tidak?
Kalau kotor segera ganti yang baru. Lumayan kan, lebih murah daripada harus servis AC. Sudah biayanya mahal, butuh waktu satu hari lagi. Pfftthh....
Waktu satu hari kan lumayan juga buat istirahat di rumah.

Jadi, mending pakai CAF kan? proses bongkar-pasangnya nggak makan waktu sampai 30 menit kok. Cepat kan?


Coba buka Buku manual kendaraan anda,
Untuk type-type sekarang, sudah ada petunjuk tentang CAF ini.

Khusus untuk Honda, belum semuanya menyertakan panduan pemasangan CAF ini, tapi untuk model Stream, CR-V, Accord, dan Odyssey, semuanya sudah ada tempat CAF-nya, hanya saja di
tidak diberitahukan cara memasang/ menggantinya.

Kita mulai dari awal,
Kita contohkan pada Honda Stream milik saya.

Beli dulu Cabin Air Filternya (CAF), kalau bengkel/ toko sparepart nggak tau istilah Cabin Air Filter, bilang aja beli filter AC.



Saya beli di Atrium Senen (jakarta) kena harga Rp 200 ribu,
Lumayan dibanding harus servis AC.






Coba lihat laci penumpang di mobil anda (Contoh pada Honda Stream)













Lalu perhatikan pengait pada sisi kiri dan kanan laci bagian dalam










Buka kancing penahan laci tersebut, bisa menggunakan obeng minus kecil dengan mencongkelnya dari bagian ujung bawah kancing penahan laci terbebut.

Atau.....




Buka kancing penahan laci dengan menekan (dengan jari tangan) segitiga pengaitnya dari bagian dalam laci.











Nah kelihatan deh lokasi casette (dudukan) filter-nya.











Buka tutup casette nya,











Keluarkan casette sebelah kanan (Khusus Honda Stream dan CR-V) dengan cara menariknya keluar.











Keluarkan casette sebelah kiri, caranya geser casette ke kanan lalu tarik keluar seperti mengeluarkan casette sebelah kanan












Setelah casette filter terlepas dari mobil, langsung praktek deh

















Potong bagian plastik casette yang besar dengan cutter, lakukan pada casette kanan dan kiri .



Kenapa?

Karena bagian ini akan menghalagi udara yang tersedot oleh blower. selain itu, tonjolan pada plastik ini akan mengganjal filter untuk duduk dengan tepat di casette.















Selipkan ujung bilah filter pada lidah kaset. Pastikan filter terkait dengan benar di casette. Ujung filter akan terkunci oleh tonjolan lidah pada casette, sehingga filter duduk rapat pada casette. Ini penting supaya filter bekerja menyaring partikel udara dengan benar.


Setelah Filter terpasang dengan baik,


Masukkan casette yang telah diberi filter ke tempat asalnya,
caranya, kebalikan pada saat membongkarnya....

















Dengan memasang Cabin Air Filter ini, kotoran dari partikel udara akan tersaring oleh CAF, sehingga blower (kipas) dan evaporator AC akan bersih.
Jadi kita hanya perlu mengganti filternya saja kalau sudah kotor.
Servis evaporator dan pembersihan blower jadi tidak perlu dilakukan lagi, karena sudah lebih bersih.
Lebih hemat uang dan waktu...

Sebagai masukan saja,
jika usia mobil lebih dari 1 tahun, sebaiknya servis AC (Bersihkan blower dan evaporator) dulu supaya lebih maksimal.
Kan percuma pasang filter tapi blower dan evaporator di dalamnya sudah kotor.
Ibarat kata, baru pasang pagar padahal maling sudah masuk duluan ke dalam rumah.

Selamat mencoba........

14 komentar:

  1. makasih banyak tutorial nya mas, numpang tanya ...
    kalo udah pake Cabin Air Filter, apa masih perlu service AC (bersihin Evaporator, Kondensor, isi ulang Freon?)

    suwun mas ...

    BalasHapus
  2. Kalau sudah pasang filter A/C, evaporator di dalam dashboard mobil akan lebih awet dan bersih, karena semua kotoran sudah tersaring oleh filter A/C.

    Untuk isi ulang freon itu tergantung kondisi sistem A/C, kalau freon berkurang yah harus isi ulang freon.

    Untuk kondensor, karena letaknya di mesin, yah iti sih terhantung kondisi, kalo bersih sih gak perlu.

    Yang bikin repot saat bongkar2 kan biasanya evaporator yang di dalam kabin... kalo evaporatornya bersih dan baik2 saja, gak perlu bongkar2 kabin kan?

    Selain itu, dengan memakai filter A/C, hembusan angin A/C akan lebih bersih karena semua debu dan kotoran tersaring (tidak dihembuskan lagi keluar sistem A/C

    BalasHapus
  3. Makasih ya Boss Pri atas petunjuknya soal AC :)

    BalasHapus
  4. Sama-sama bos Wiro...

    Mobil2 keluaran tahun 2000 ke atas rata2 sudah pake filter AC (Cabil Air Filter).

    Ada beberapa Cabin Air Filter (CAF)yang ada petunjuk arahnya (FLOW Arrow/ tanda anak panah).
    Untuk CAF seperti ini, kita harus memperhatikan arahnya, gak boleh terbalik saat pemasangan...

    BalasHapus
  5. Mohon pencerahannya Om. kalau mobil Suzuki APV di mananya Om...
    Terima kasih infonya di tunggu...

    BalasHapus
  6. Om Anonim,
    Lokasi om dimana?
    Kalau di jakarta sudah mulai banyak tuh yang jual cabin filter sakura.

    silahkan cari di toko-toko automotif terdekat.

    atau cek di
    http://www.sakuracatalogue.com/filter/sakura/filter_cabin.php

    BalasHapus
  7. Om tanya ya, kalo soluna tahun 2000 udh ada blm ya? Pake filter sakura bkn ya? Thanks.

    BalasHapus
  8. @ Anonim :
    Hmmm...
    saya kurang tahu yah, biasanya sih mulai tahun 2000-an sudah ada.
    jika belum ada, biasanya sebenarnya sudah ada tempatnya, namun oleh pabrik tidak dipasang.

    Saya kurang hafal type semua mobil apakah ada filternya atau tidak,
    mungkin bisa cek ke customer sakura filter.

    :)

    BalasHapus
  9. Ane pnya odyssey 2002.
    Klo ac rear di nylain knp atap mobil ane berembun y???
    Trus dmn tuh letak filter ac odc ane??
    Mohon pncerahan'na.
    Thank's

    BalasHapus
  10. @ Anonim,

    Kalau atap mobil ber embun mungin ada yang bocor dari sambungan ducting (jalur udara a/c). biasanya busa seal sambungan ducting sudah tipis jadi udara dinginnya lolos keluar dari ducting.

    coba buka
    http://www.hondapartsnow.com/Page_Product/PartDetail.aspx?catalogID=50&productID=11&yearID=20&doorID=3&gradeID=8&areaID=2&transmissionID=7&originID=-1&colorLabelIDs=-1&colorLabelID=-1&sectionID=8&idAndImageID=8908%201477984

    posisi filter seperti biasa
    ada di balik laci penumpang

    pada link gambar berikut ini ...
    http://www.hondapartsnow.com/diagrams/small/a-c-cooling-unit-462293.png

    filternya di Nomer 18,
    dan cover (tutupnya) di nomer 8

    semoga membantu...

    BalasHapus
  11. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
    keep update! model mobil

    BalasHapus
  12. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Mobil Baru honda

    sukses selalu

    BalasHapus
  13. mobil murah toyota26 Maret 2014 14.49.00 WIB

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!mobil murah toyota

    BalasHapus
  14. Harga daihatsu ayla 20142 Mei 2014 15.52.00 WIB

    http://goo.gl/4n4ykP

    BalasHapus