Senin, 19 Maret 2007

Sabuk Keselamatan (Safety Belt)

Dari web nya toyota indonesia,

Toyota terus mengadakan program riset dan pengembangan untuk makin menyempurnakan aspek-aspek keamanan berkendara, baik aktif maupun pasif. Salah satu perlengkapan mendasar tersebut adalah Sabuk Keselamatan.

Penggunaan Sabuk Keselamatan secara benar akan mengurangi resiko fatal sebesar 1/15 dari setiap 1.000 kecelakaan berat dibandingkan dengan penumpang yang tidak menggunakan Sabuk Keselamatan. Sabuk Keselamatan juga merupakan alat keamanan proaktif, karena membantu pengemudi berada pada posisi yang sesuai atau nyaman, mengurangi kelelahan, sehingga lebih nyaman mengendalikan kendaraan



Bila terjadi tabrakan dari depan, mobil akan berhenti secara mendadak, sehingga penumpang dapat terlempar ke depan, membentur roda kemudi, panil instrumen atau dasbor atau kepala membentur kaca depan, bahkan dapat terlempar ke luar mobil melalui kaca depan. Namun Sabuk Keselamatan akan menahan penumpang, menjaga mereka di tempat duduknya dan mengurangi kemungkinan akibat sekunder demikian juga pada tabrakan dari belakang.



Sabuk Keselamatan mempunyai pengunci darurat (Emergency Locking Retractors/ELR).Bila terjadi tabrakan atau pengereman tiba-tiba, ELR mengunci sehingga sabuk menahan gerakan penumpang ke depan. Beberapa ELR bahkan mempunyai sensor akselerasi yang kuat yang akan mencengkeram atau menahan tali tersebut jika meluncur terlalu cepat.


from : http://www.toyota.co.id/reference/techno/article.php?article_id=263

Masih nggak mau pakai safety belt?
Tunggu tanggal main nya....