Minggu, 18 Mei 2014

CBR250R 2014

Honda CBR 250R telah diperkenalkan versi barunya oleh PT Astra Honda Motor (AHM),

Ada yang membuat saya penasaran, kenapa dengan bentuk mesin yang terlihat sama namun dibilang "performanya lebih bertenaga" ?

sumber foto : PT Astra Honda Motor

Apa sih yang membuatnya lebih bertenaga?

Berdasarkan jawaban yang saya terima dari pihak AHM (bapak Sarwono Edhi) yang disampaikan melalui perantara ibu Siska Daulika, poin utama yang menyebabkan CBR 250R kali ini lebih bertenaga adalah :

  1. Maximum output putaran mesin ditingkatkan dari 8500 menjadi 9000 rpm. (Untuk mendapatkan high speed feeling CBR yang lebih baik lagi)
  2. Memperbaiki rasio gigi transmisi. (Mengejar performa berkendara CBR yang lebih baik lagi denganrasio transmisi yang baik, yang berdampak memperbaiki kinerja akselerasi)
  3. Setting duct dan air flunnel d saringan Udara dan mengubah sistem exhaust. (Meningkatkan feeling of smoothness saat RPM tinggi)
sumber : Youtubetheringcollectorful

Jadi nampaknya ada perubahan sistem di ECM (Electronic Control Module) yang membuat sistem PGM-FI nya bisa membuat mesin teriak sampai 9000 rpm. 

Rasio gigi transmisi sayabelum dapat datanya, namun kalau memang dibuat lebih rapat rasanya jeda kelihangan tenaga saat perpindahan gigi akan menjadi kecil.

Nah kakau setingan saluran udara (duct) dirubah saya awam deh. tapi kalau lihat knalpotnya juga yang tadinya bantet menjadi memanjang mungkin jadi berpengaruh juga sama tenaga...

Hmmm
Masih belum puas sih, ingin membedah langsung All New Honda CBR250R ini.
Pengen lihat fisik perbedaannya dimana dan seperti apa.

Bagaimana AHM?