Rabu, 22 Agustus 2012

busi standar platinum iridium

Saya coba memaparkan info tentang busi lagi nih,.

Berkaca dari pengalaman pribadi,
beberapa dari kita masih ada yang bingung ketika ditawari pakai busi iridium, busi platinum, atau busi biasa...

Ada yang bilang pakai busi biasa saja karena murah meriah,
ada yang bilang pakai busi iridium, dan sebagainya...

Sebenarnya apa bedanya sih busi-busi tersebut?

Saya coba bantu bahas secara sederhana tentang apa yang saya tahu tentang beberapa bahan tekonologi busi...

Mulai yah...

1. BUSI PALSU

Busi yang kastanya paling bawah adalah busi palsu.
Sudah barang tentu busi ini tidak recomended untuk digunakan. Karena busi tersebut biasanya dibuat dari bahan yang kurang berkualitas, tidak presisi, dikerjakan asal-asalan, dan mungkin busi palsu ini adalah busi daur ulang yang merupakan busi bekas namun dipercantik kembali...

Hiiyyyy....
Males banget pake busi beginian...

2. BUSI STANDAR

Nah diatas busi palsu ada busi biasa/ standar,
busi ini adalah busi normal yang hanya mengandalkan elektroda biasa tanpa embel-embel tambahan apapun...

Masa/ umur pakainya berapa lama?
busi biasa/busi normal ini umumnya dapat dipakai sampai 20.000 Km di mobil dan 10.000 Km di sepeda motor.

Kenapa masa pakai di sepeda motor lebih cepat?
Karena putaran mesin sepeda motor yang umum beredar di indonesia bisa mencapai 10.000rpm lebih.
bandingkan dengan putaran mesin mobil yang banyak di indonesia, mobil biasanya hanya di 5000 rpm lebih...
Makanya interval jadwal penggantian oli mesin dan busi sepeda motor pada umumnya lebih cepat daripada mobil...

Busi standar ini cepat aus di bagian elektroda tengahnya,
(lihat pada gambar di bawah ini sebagai ilustrasi gap busi menjadi lebih besar karena elektroda tengah menumpul karena aus)

Elektroda tengah akan aus dan menjadi tumpul/ pendek seiring masa pakai busi.
Karena elektroda tengahnya aus, celah busi (gap busi) menjadi membesar. Gap busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang diatur oleh pabrik pembuat mesin akan menimbulkan efek samping.

Biasanya celah busi yang lebih besar dari standarnya akan menyebabkan busi sulit menciptakan api untuk membakar bahan bakar.

Logikanya begini,
Ada seorang manusia yang hanya sanggup melompati parit (selokan) selebar 1 meter, jika parit tersebut dilebarkan lagi maka orang tersebut sudah pasti tidak akan berhasil melompati parit yang lebih dari 1 meter tersebut dengan mantap. Ada sih yang bisa melompati parit tersebut, namun ada juga yang gagal dan tercebur...

Sama hal nya dengan busi,
Sistem pengapian mesin kendaraan sudah di set sedemikian rupa sehingga misalnya butuh busi dengan gap 0,9mm. Jika gap busi menjadi lebih lebar dari 0,9mm maka kemungkinan akan timbul gejala misfire atau gagalnya busi menimbulkan api.
Dengan terjadinya misfire, bahan bakar tidak akan terbakar sempurna dan ruang bakar menjadi kotor.

Kira-kira begitu...

Makanya gap busi yang tepat itu sangat penting...
Jangan salahkan busi cepat mati atau ruang pembakaran mesin cepat berkerak jika kita tidak peduli dengan busi.


Seiring perkembangan teknologi mesin, busi pun dituntut tidak ber-umur pendek (alias harus tahan lama).

Coba lihat mesin-mesin kendaraan sekarang (terutama mobil),
mesin semakin rumit, penggantian busi pun tidak semudah mengganti busi mesin-mesin tahun 1990 an.
Jika kita masih menggunakan busi biasa yang hanya tahan 10.000 Km atau 20.000 Km, maka hal itu akan merepotkan saat perawatan berkala kendaraan.

Coba lihat mesin Honda Jazz atau Nissan Livina sekarang, rumit dan ribet jika akan mengganti busi.
Lihat juga Kawasaki Ninja 250R atau Honda CBR 250R, rumit juga kan kalau mau ganti busi?
Harus bongkar ini itu dan sebagainya... tidak semudah kendaraan tahun 1980-an...

Lanjut yah ke businya...


3. BUSI PLATINUM

Busi platinum dibuat untuk mengatasi gejala terkikisnya elektroda tengah pada busi standar.
Dengan memberi platinum pada ujung elektroda tengah, si elektroda tengah yang cepat aus ini (pada busi standar) akan lebih awet.
Platinum yang dipasang pada elektroda tengah biasanya berbentuk seperti koin kecil, ada juga sih yang platinumnya kecil seperti jarum, tetapi jarang...
Kenapa?
Karena platinum tidak begitu kuat dibentuk menjadi jarum kecil dibandingkan material iridium.

Busi platinum akan lebih awet masa pakainya daripada busi biasa.


4. BUSI DOUBLE PLATINUM

Busi Platinum memang lebih awet daripada busi biasa, namun masih ada kemungkinan terjadinya gap busi membesar yaitu dari elektroda samping.

Dirasa busi platinum masih kurang awet, maka dibuatlah busi double platinum.
Busi double platinum ini adalah busi yang memasang platinum pada elektroda tengah dan elektroda samping.
Jika kita melihat fisik busi double platinum, pastilah terlihat ada seperti koin atau jarum platinum (tergantung pabrik busi membentuk platinumnya berupa koin atau jarum) pada kedua elektrodanya.

Dengan adanya platinum ini, api busi tidak akan timbul secara langsung di kedua elektroda busi,
tetapi percikan api busi akan muncul di antara cincin/ jarum platinum masing-masing elektroda busi.

Busi Double Platinum akan lebih awet/ tahan lama dibanding busi platinum apalagi busi standar.


Mesin-mesin dengan tekonologi pengapian distributorless (sudah tanpa distributor) biasanya menggunakan 1 koil untuk 2 busi.
Nih dia gambarnya distributorless...


Pada sistem distributorless mesin 4 piston (4 ruang bakar),
biasanya koil pertama akan menyalakan busi pada silinder 1 dan 4, lalu koil kedua akan menyalakan busi pada silinder 2 dan 3.

Kita fokus di koil pertama,
misalnya silinder 1 sedang top kompressi dan busi harus menyala agar terjadi pembakaran, busi di silinder nomer 4 yang sedang langkah top buang juga akan menyala.
Jadi 1 siklus pembakaran akan terjadi 2 kali nyala busi.

Bayangkan, jika seharusnya busi cukup menyala 1 kali di satu siklus kerja mesin, dengan teknologi pengapian distributorless akan menyala 2 kali dalam satu siklus kerja mesin.

Bayangkan jika masih pakai busi biasa yang misalnya di mesin konvensional bisa dipakai sampai 20.000 Km,  maka jika dengan busi distributorless hanya akan bertahan 10.000 Km.

Maka dari itu pengapian distributorless butuh busi minimal platinum atau lebih bagus lagi pakai busi double platinum.
Cukup jelas kan sampai disini... Kenapa kenapa kita butuh busi platinum atau double platinum...

Lanjut ke busi berikutnya...

5. BUSI IRIDIUM

Busi iridium adalah pengembangan dari busi platinum,
Platinum masih dinilai kurang tahan lama, maka dibuatlah busi iridium yang lebih kuat bahannya dibanding platinum.
Iridium juga punya keunggulan lain, yaitu bisa dibuat lebih kecil seperti jarum.

Dengan bentuk kecil seperti jarum, pengapian akan lebih fokus dan lebih kuat.

Kita coba analogikan dengan selang air.
Dengan sumber keran air yang sama, jika kita menggunakan selang yang lebih kecil maka semburan air akan lebih kencang dari selang yang kecil dibanding selang berdiameter besar.
Sama dengan busi, dengan koil yang sama, maka percikan api/listrik yang timbul di busi akan lebih kuat atau lebih besar karena difokuskan di tempat yang lebih terpusat.

Jika kita butuh busi yang tahan lama dan butuh pengapian besar, busi iridium-lah jawabannya...

6. BUSI IRIDIUM PLATINUM

Karena busi iridium baru elektroda tengahnya yang menggunakan iridium sedangkan elektroda sampingnya masih biasa (tidak ada apa-apa), maka biasanya yang nantinya kalah duluan adalah elektroda sampingnya.

Maka dikembangkanlah busi iridium yang diberi tambahan platinum pada elektroda sampingnya.

Elektroda tengah yang lebih cepat aus sudah diberi iridium yang lebih kuat dan pengapiannya lebih fokus, dikawinkan dengan elektroda samping yang diberi platinum.
Wuihhh... umur busi akan lebih lama lagi...

Busi iridium saja sudah lebih kuat daripada platinum, maka busi iridium platinum ini bukan hanya sekedar lebih tahan lama saja, tetapi akan memberikan nilai lebih dalam hal pembakaran yang lebih optimal karena nyala api busi lebih baik.

Busi iridium dan iridium platinum ini sangat cocok digunakan pada mesin-mesin modern yang rumit.
Paling mudah kita lihat saja mesin Nissan Livina atau mesin Honda Jazz,
karena untuk bongkar-pasang busi membutuhkan waktu yang lama dan pembongkaran komponen mesin lain yang banyak (karena komponen mesin lainnya menghalangi akses ke busi). Maka pabrikan mobil tersebut mendesign mesin tersebut menggunakan busi iridium.

tujuannya jelas...
supaya tidak sering bongkar pasang komponen mesin.

Jika berani, silahkan coba sendiri mengganti busi Nissan Livina... Hehehe...
Capek yah capek dah tuh... hahaha...

Masih niat pake busi biasa di mesin yang rumit?
Yah gapapa sih, tapi siap-siap aja repot atau keluar ongkos mekanik bengkel yang cukup lumayan karena bongkar-pasang busi-nya rumit. Hahaha...


7. BUSI DOUBLE IRIDIUM

Ada lagi busi yang lebih tahan lama, yaitu busi double iridium. Yaitu busi yang menggunakan jarum iridium di kedua elektrodanya.
Mantap...

Jika membaca penjelasan-penjelasan saya sebelumnya, sudah pasti bisa menjawab sendiri lah betapa kuatnya busi double iridium ini.

Hanya saja, busi double iridium ini belum banyak beredar di pasaran karena harganya yang lebih mahal dari busi iridium.
Penggunaan busi double iridium juga belum begitu dibutuhkan sampai saat ini (kecuali oleh orang iseng penggila performa).
Dengan busi iridium atau iridium platinum saja saat ini sudah dirasa cukup ideal baik dari segi maintenance dan dari segi harga.

Nah jelas kan kenapa kita harus pilih busi yang terbaik bagi mesin kita?
Makin sering periksa atau ganti busi, maka akan membuat kita makin repot atau makin keluar biaya lebih banyak hanya karena ongkos bongkar pasang yang rumit.

Jika masih ada yang mengeluh pakai busi platinum atau iridium umurnya sama saja dengan busi biasa, 

Cek dulu kualitas busi yang dipakai, bagus atau tidak?
Merk dan harga juga berpengaruh... merk tidak dikenal atau harga murah terkadang bisa menjadi salah satu indikator busi tersebut adalah busi tidak berkualitas atau bahkan busi palsu.

Cek juga apakah kita sudah menggunakan type busi yang tepat (heat range)?
jika tidak maka busi akan cepat mati.
Pembahasan mengenai heatrange ini sudah pernah saya singgung di artikel saya BUSI PANAS BUSI DINGIN.

ada sedikit tambahan,
Terkadadang ada yang mempermasalahkan nilai resistansi bahan platinum atau iridium.
Tapi dengan voltase yang disalurkan ke busi itu angkanya ribuan atau bahkan puluhan ribu volt. hambatan sekian ohm pada busi tidak akan begitu berpengaruh...

Nanti akan kita bahas di lain waktu mengenai resistansi dan busi resistor deh...

Sekian dulu yah...
semoga artikel ini bisa sedikit membuka wawasan kita mengenai busi biasa platinum dan iridium.
Jadi bukan karena faktor harga businya saja kita memilih busi, tetapi kita juga harus memperhitungkan waktu perawatan kendaraan, biaya perawatan kendaraan, dan sebagainya...

NOTE :
sumber ilustrasi gambar busi dari catalog Autolite spark plug, dengan sedikit tambahan detail busi dan watermark oleh saya pribadi.

Sabtu, 18 Agustus 2012

Mudik Bareng Honda 2012 (berangkat)

Setelah memberangkatkan sepeda motornya (Mudik Bareng Honda 2012), pada hari Rabu 15 Agustus 2012 giliran pemilik sepeda motornya yang diberangkatkan...

Saya disini tidak membahas detail atau meneruskan press conference-nya, namun saya tertarik membahas apa enaknya ikut jadi peserta Mudik Bareng Honda 2012.



Sore hari (Selasa, tanggal 14 Agustus 2012) bus-bus yang sudah di carter oleh PT Astra Honda Motor (AHM) mulai berdatangan ke pabrik AHM di sunter.

Wow...
Tidak main-main.. Bus yang disewa AHM ini tergolong bus yang bagus...
Nih lihat...

Bus pariwisata TRAC
 
Bus pariwisata Blue Star

Bus pariwisata Cipaganti

Bus-bus tersebut pun sudah dapat stiker Angkutan Lebaran Tahun 2012 dari Dinas Perhubungan.
Wih jaminan mutu lah...



Bus-bus tersebut bahkan ada yang usianya belum genap 1 tahun... Wih masih baru banget... Pastilah lebih nyaman...

Eitss...
Bus baru belum jaminan selamat sampai tujuan, masih ada faktor manusia...

AHM juga tidak main-main, mereka mengundang Dinas Kesehatan untuk mengecek kondisi pengemudi-pengemudi bus yang mereka sewa.

 
Pengemudi bus akan melalui serangkaian test,
diantaranya...

Pemeriksaan Surat Izin Mengemudi (SIM), Bener nggak nih SIM sesuai dengan pemiliknya?

Tidak begitu percaya dengan berat badan yang tertera di SIM, akhirnya disediakan timbangan untuk lebih memastikan berat pengemudi. Halah... (*bercanda)

Test tekanan darah, siapa tahu ada supir yang berpotensi stroke. Kan bahaya tuh kalo lagi mengemudi tiba-tiba stroke... (*misalnya)

Test kadar gula darah...

Test Alkohol... Ini penting nih, jangan sampai peserta mudik disupirin sama supir yang lagi mabuk... bisa kacau...

Lalu pemeriksaan urin, ini penting juga, jangan sampai pengemudi mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang.

Setelah menjalani serangkaian test,
pengemudi mendapatkan surat rekomendasi dari dokter Dinas Kesehatan sebagai surat keterangan bahwa sang Driver ini dinyatakan sehat dan sanggup mengendarai bus dengan baik jalannya... tuk..tik..tak..tik...tuk...tik...tak...tik..tuk...
suara spatu kuda...
loh?

Selain mendapat surat keterangan, para pengemudi juga mendapatkan konsumsi ringan...

Bukan main, konsumsi untuk para pengemudi pun disiapkan oleh salah satu petinggi di Honda Customer Care Center (HC3) PT AHM. Dedikasi tiada tara dari AHM...

Setelah kita melihat kesiapan kendaraan dan para pengemudinya,
kita lihat pesertanya yang merupakan pemilik sepeda motor honda yang berkesempatan ikut acara mudik bareng honda 2012 ini..

Peserta mulai berdatangan sejak sore hari pada tanggal 14 Agustus 2012.

Karena sepeda motor peserta mudik sudah diberangkatkan lebih dulu,
mereka datang ke AHM sunter dengan berbagai macan kendaraan...

Ada yang pakai Bajaj roda 3, pakai taxi, pakai ojek, dan sebagainya...



Peserta langsung menuju tempat registrasi ulang untuk mendapatkan goodybag dan perlengkapan mudik dari Honda...


Setelah itu peserta dipersilahkan istirahat di ruangan yang sudah disediakan oleh Honda...

Para pemudik ditempatkan di aula ber-A/C yang sudah diberi karpet untuk tidur seadanya...
Tempatnya tidak senyaman kasur di rumah kita... Namun lebih baik daripada jika kita menginap di terminal bus dan berebutan masuk bus ke kota tujuan kita...

"Hallo... mama... sandalku hilang nih... tolong kirim pulsa eh kirim sandal buat aku donk ma"

Para peserta mudik bareng honda dipersilahkan tidur dan jam 3 pagi esok harinya akan dibangunkan dan dibagikan makan sahur....

Beres peserta,
kita tegok petugas pengawal bus... (saya lupa sebutannya apa)


Para pengawal ini bertugas mengawal peserta mudik di setiap bus.
Mereka memastikan tidak ada peserta yang ketinggalan masuk bus saat bus berhenti istirahat sebentar di tengah perjalanan, memberikan P3K jika ada peserta mudik yang membutuhkan, dan sebagainya...

Mantap...

Setelah semua makan sahur dan sholat shubuh,
Peserta, pengawal bus, dan tentu saja awak bus diharuskan naik ke bus masing-masig.
Mereka dipersiapkan untuk berangkat mudik...

Sebelum berangkat,
ada beberapa seremonial antara AHM, Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan...
ini diantaranya...

Penyerahan piagam penghargaan dari kepolisian kepada AHM atas terselenggaranya acara ini...




Semoga pengemudi bus tidak bingung karena banyak sekali bendera start yang berkibar... hehehe...

Horeee...
Berangkat...

Dadah...

Acara Mudik Bareng Honda 2012 ini sangat positif, paling tidak sepeda motor dan penumpangnya lebih terjaga dan aman sampai ke Semarang Atau Yogyakarta.

Pemudik juga tidak perlu berebutan mendapatkan bus... Pemudik juga mendapatkan kepastian kondisi bus yang baik dan nyaman, dan pastinya awak bus yang 100% di cek kondisinya sehingga lebih memberi rasa aman bagi penumpang.

Dengan biaya pendaftaran Rp 50 ribu untuk (dua orang) menurut saya sangat worth-it lah buat berangkat mudik...

Banyak pemudik yang biasanya baru keluar sebentar dari kota jakarta sudah mengalami kecelakaan... Mungkin karena memaksakan diri sehabis pulang kantor untuk buru-buru mudik...

Yah semoga gaya dan cara membantu mengantarkan pemudik seperti ini dapat ditiru oleh banyak pihak sehingga dapat membantu mengurangi angka terjadinya kecelakaan pemudik sepeda motor.

Bagi yang punya sepeda motor honda namun tahun ini belum ikut,
Jika memang kita bisa bertemu di kesempatan mudik lebaran tahun 2013, jangan lupa daftar yah jika ada Mudik Bareng Honda 2013...

Salut buat Honda...
Semoga yang maha kuasa membalas kebaikan honda... dan semoga tercapai segala cita-cita dan keinginannya...
(*loh kok kayak ucapan selamat ulang tahun)

Senin, 13 Agustus 2012

Mudik Bareng Honda 2012

Kemarin saya dapat undangan dari PT Astra Honda Motor (AHM) untuk melihat pelaksanaan Mudik Bareng Honda (MBH) edisi ke #7.



AHM memberi jatah 1100 sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman dan menyediakan jatah 100 sepeda motor untuk balik ke ibukota. Yang bisa ikut balik ke jakarta hanyalah yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Langsung aja ke prosesnya yah...
Kalau berita lain mengenai hal ini sih kayaknya sudah banyak yah...

MBH honda saya nilai sangat positif, terutama menurunkan potensi angka kemungkinan terjadinya kecelakaan saat mudik.

Kenapa?
Karena pemudik diangkut menggunakan bus dan sepeda motornya diangkut menggunakan truk. Jadi relatif aman dibandingkan 1100 pemudik yang sudah lelah tetapi memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor sampai kota tujuan.

Dengan meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan,
Si pemudik bisa relatif dengan "fisik mulus" sampai di kampung halaman dan sepeda motornya pun juga relatif mulus buat ajang show-off di kampung halaman sebagai tanda kesuksesan dia bekerja di jakarta..

Kan nggak lucu mau nunjukin kesuksesan di jakarta tapi datang ke kampung halaman dengan tubuh yang dibalut perban dan sepeda motor yang ringsek karena terlibat kecelakaan saat mudik.
Apalagi sampai tidak bisa ke kampung halaman di dunia tapi malah ke kampung halaman akherat karena pemudik meninggal dunia karena kecelakaan...
Astagfirullah Jangan sampai yah...


Mudik bersama honda ini cukup diminati, nih sampe kelas honda CBR 250R (kasta tertinggi saat ini yang dijual AHM) pun ikutan mudik


Menurut pemiliknya, MBH lebih aman, nyaman, dan menyenangkan daripada memaksakan diri berkendara ke kampung halaman. MBH 2012 ini adalah yang kedua kalinya dia ikut...

Saya tidak membahas orangnya yang diangkut dengan bus, tetapi saya coba bahas tentang teknis sepeda motornya yang diangkut duluan dengan truk karena orang suka khawatiran terhadap sepeda motornya yang terpisah dengan pemiliknya...

Begini,
setelah registrasi ulang dan sepeda motor diminta untuk masuk ke area Cek Motor,
pertama-tama helm, spion, dan tools kendaraan akan dimasukkan ke dalam box yang disediakan oleh AHM.

Box tersebut dapat menampung 2 helm. Kalau mau bawa 3 helm akan ditolak oleh petugas.
Karena Honda hanya mengizinkan 2 orang di sepeda motor.



Box yang sudah terisi helm, tools dan spion kemudian di plakban dan diberi stiker identitas pemiliknya.
Disini menjamin bahwa barang jangan sampai tertukar dengan barang pemudik lain...
Tuh kan hati jadi lebih tenang...


Setelah itu sepeda motor diperiksa oleh petugas,
bagian yang kira-kira sudah rusak dari awal sebelum dinaikkan ke truk pengangkut akan diberi stiker "CACAT".



Jadi si pemudik gak bisa curang dengan ngomong "dulu sebelum motor diangkut di truk masih mulus kok"...
Puasa buat latihan kejujuran juga bro... Hehehe...

Saat mengecek kondisi sepeda motor, petugas mencatatnya dalam lembar checklist kondisi sepeda motor.


Setelah di list memeriksaan selesai dibuat petugas, pemilik sepeda motor menadatangani form tersebut.

Sampai disini peserta MBH sudah boleh pulang.
*Mau lihat sampai sepeda motornya dinaikkan ke truk juga boleh sih...

Setelah pemeriksaan fisik,
sisa BBM di tangki akan dikosongkan...


Rugi dah tuh yang pake bensin Non-Subsidi...
Kalo nantinya diisi premium gimana? hahaha...

Kenapa bahan bakar dikosongkan?
Karena sesuai peraturan pemerintah bahwa pengangkutan kendaraan tidak boleh ada bahan bakar yang terlalu banyak di dalam kendaraan yang diangkut. hal ini untuk meminimalisir terjadinya resiko kebarakan saat pengangkutan.

Setelah bahan bakar dikosongkan,
Kunci  sepeda motor dicabut dan dimasukkan ke dalam tempat khusus kunci...


Lalu bagian sepeda motor yang dirasa vital dan riskan baret ditutupi dengan lembaran foam padat tapi lentur (seperti bahan sandal jepit) agar tidak lecet.


Tinggal siap dinaikkan ke truk nih...
Jangan khawatir sepeda motor akan diangkat ke truk dengan cara yang tidak manusiawi...
Sepeda motor akan diangkat dengan truk khusus pengangkut sepedamotor ber-lift hidrolik...


Setelah sepeda motor naik ke truk, semuanya diikat dengan standar pengangkutan sepeda motor baru agar aman dalam perjalanan...



Truk yang sudah siap mengirimkan sepeda motor ke kota tujuan akan diberi stiker dan spanduk MBH..


Sepeda motor peserta Mudik Bareng Honda 2012 sudah siap diberangkatkan ke kota tujuan (Semarang & Yogyakarta) dan insyaAllah pasti aman sampai di tujuan hingga nantinya si pemilik sepeda motor bertemu dengan kendaraannya kembali...

Dengan biaya pendaftaran Rp 50 ribu/ sepeda motor, rasanya MBH ini sangat worth-it daripada mengendarai full dari jakarta sampai tempat tujuan...
*kecuali jika kita memang pengendara yang punya jiwa petualang...

Bagi yang belum sempat ikut acara Mudik Bareng Honda tahun ini,
jangan lupa daftar acara serupa di tahun berikutnya...

Jumat, 10 Agustus 2012

Jagalah Ucapan Kita

Sedih...

Apakah ini sikap terpuji seorang politikus yang patut dicontoh?

Saya tidak mengkampanyekan atau menyudutkan salah satu pihak,
tapi hanya mengajak berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat banyak bahwa berusahalah menjaga tuturkata dan sikap kita dalam bersosialisasi...

Hal kecil semacam ini dapat menurunkan "citra" kita di mata orang lain apalagi jika kita sedang butuh dukungan dari banyak orang.

Orang mungkin akan berfikir bahwa yang berkata seperti dalam video ini hanya akan membela kelompoknya sendiri dan tidak peduli dengan orang lain.

Membantah sebagai kampanye terselubung tetapi tidak suka jika ada warga yang memilih orang lain sebagai pilihannya...

versi berita panjang
versi pernyataan pendek
Semoga kedepannya ada klarifikasi atau pernyataan maaf untuk memperbaiki diri supaya nama beliau "tidak surut" apalagi menjelang pilkada gubernur DKI Jakarta putaran ke-2. Semoga dengan contoh video di atas, kita bisa belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi...

Rabu, 08 Agustus 2012

Lift Cuci Mobil

Kemarin dapat email dari milis yang saya ikuti...
Awalnya males nulis disini, tapi gapapa deh sekalian buat reminder saya pribadi...

Nih..., kok bisa jatuh yah?


Kabar yang beredar sih katanya si yang punya mobil dapet ganti unit mobil baru...

ini info dari salah satu rekan mailinglist yang saya ikuti:
Menurut email pemilik tempat cucian mobilnya di sebuah millist Offroad bilang: wah untung cucinya ditempat kami, sehingga bisa kami ganti 100%, kalo cucinya ditempat lain, bisa tutup tuh tempat cucinya...
Semoga kedepannya para pengusaha cuci mobil (yang diangkat dengan lift) dapat memperhatikan faktor safety dan perawatan alat tersebut demi kenyamanan dan kepuasan konsumen...

Bale Sante Honda 2012

Buat yang sobat-sobat pemudix yang menggunakan sepeda motor bisa memanfaatkan Bale Sante Honda.

Berdasarkan Press Release yang saya terima,
Bale Sante Honda yang beroperasi setiap hari siap melayani semua tipe dan merk sepeda motor yang membutuhkan bantuan secepatnya selama periode Lebaran 16-23 Agustus 2012 dari Lampung hingga Bali

Tuh, SEMUA TYPE dan MERK sepeda motor...
jangan-jangan itung2 mempengaruhi pengguna sepeda motor merk lain agar merasakan nikmatnya bale sante honda sehingga konsumen merk lain tersebut kedepannya beli sepeda motor honda aja. Hehehe...
*trik yang mantab...

nih dia lokasi-lokasinya...
silahkan di save di ponsel... kali aja butuh...

Note:
klik pada gambar untuk melihat gambar yang lebih besar...




NOTE:
Untuk posko istirahat merk sepeda motor yang lain lagi saya usahakan dapat petanya...

Jumat, 03 Agustus 2012

Injeksi itu Menyenangkan

Kemarin Kamis 2 Agustus 2012 saya datang ke Acara "FI Workshop Jupiter Z1" yang diadakan oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI) beserta otomotifnet.com

Ada satu alat yang menarik perhatian saya, yaitu "YZ Power Tuner"
Alat ini berfungsi sebagai alat setting Engine Control Unit (ECU) pada Yamaha Jupiter Z1...
Kereeennnn....


Dengan alat ini, kita bisa sesuka hati menyeting kombinasi banyaknya semburan bahan bakar dan mengatur waktu pengapian mesin sepeda motor fuel injection. Canggih yah...

Ibarat sebuat telepon selular (ponsel),
kita bisa mempersonalisasikan ponsel kita tersebut sesuai keinginan kita. Kita bisa merubah ringtone telepon, ringtone sms, merubah wallpaper, dsb...

Nah dengan alat YZ Power Tuner ini, kita juga bisa mem-personalisasi-kan setingan mesin fuel injection sesuai dengan keinginan kita... Asik kan...

Ini dia nih yang kita tunggu-tunggu...
Dan akhirnya Yamaha-lah yang mengeluarkan produk ini duluan di indonesia...
Emang gak salah lah sama tagline yang mereka buat,  "Yang Lain... Semakin Ketinggalan Lagi...!!!"



Kalau tidak salah, alat buatan taiwan ini bisa menyimpan 9 kombinasi setingan ECU.
Kita bisa nyimpen setingan ECU motor injeksi untuk balapan di sirkuit balap, setingan kerja ke kantor, setingan untuk jalan-jalan, setingan untuk malam mingguan, setingan untuk belanja, dan sebagainya... hahaha...

Asyiknya lagi, data tersebut bisa kita copy atau di share ke ECU Jupiter Z1 yang lain...

user : "Profesor, saya nyontek setingan pak profesor donk supaya Jupiter Z1 saya kenceng kayak Lorenzo"
profesor yamaha : "boleh... Nih datanya"
user : "bisa transfer data lewat bluetooth nggak?"
user : "ada game apa aja di alat itu?"
user : " ada musik apa aja, share juga dong prof"
profesor yamaha : *gubrak*

Alat seting ECU yang tombol-nya menyerupai iPod ini sementara hanya bisa dipakai buat setting ECU Jupiter Z1. Untuk V-Ixion dan keluarga mio belum bisa karena soket kabelnya beda...


Sayang kemarin tidak dijelaskan cara mengoperasikan alat ini secara detail. Jadi saya masih penasaran nih betapa serunya nyeting ECU pakai alat ini...

Semoga kedepannya semua line-up sepeda motor yang diproduksi oleh PT YMKI dapat menggunakan alat ini. Jadi sepeda motor injeksi bukanlah suatu hal yang mengkhawatirkan, tapi injeksi itu menyenangkan...