CBR150

Riding Test Honda CBR150 PGM-FI 2011 (Photo from Om Didik http://didik.blogsome.com/)

Bicycle

Riding bicycle on sunday morning...

Workshop

Cleaning motorcycle fuel tank with friends...

Unicycle

Unicycle exercise with friends...

Cornering

Cornering @ Dukuh Atas...

Pages

Selasa, 13 Desember 2011

Perubahan?

Belakangan ini sering keluar iklan tentang perubahan iklim...

Gak tau nih lembaga pemerintah atau swasta?
Namun rasanya dari instansi pemerintah...

Kalo bener,
yah mulailai dari pemerintah.

Hematlah penggunaan energi di gedung2 pemerintah...

Pejabat2 gunakan donk transportasi umum...

Pohon di jalanan kalo ditebangin buru2 langsung ditanam bibit barunya...

Semua mulai dari yang di atas,
semua mulai dari yang bisa menjadi panutan...

Guru kencing berdiri,
murid kencing berlari...

Jumat, 02 Desember 2011

Jakarta banjir


Tergelitik mengomentari berita di harian kompas kemarin (kamis 1 desember 2011),

Judulnya: DKI lebih siap hadapi banjir...

Agak lucu setelah membaca keseluruhan beritanya,
 kok kesannya bukan malah mencegah terjadinya banjir tetapi malah menyiapkan "perlengkapan-perlengkapan" saat banjir...


Dengan perlengkapan dan petugas yang lebih baik (dari sebelumnya), maka DKI dinyatakan lebih siap menghadapi banjir...

Bingung saya,
ibaratnya bukan mencegah penyakit datang, malah ini sibuk membagun rumah sakit.

Ada pepatah,
Sehat itu Mahal, Sakit itu Mewah.

Nah mestinya dipikirin donk sistem drainase yang bagus. Jangan cuma mikirin banjir kanal timur dan sebagainya, buatlah keputusan yang lebih jangka panjang...

Lazimnya di indonesia,
Mayoritas pemerintah terlihat lebih senang saat pembangunan proyek daripada perawatannya...

Ini bukan terjadi di pemerintah, bahkan di orang pribadi pun begitu,
Cobalah lihat ketika misalnya seseorang membeli mobil atau sepeda motor baru, pasti disayang-sayang banget tuh, bahkan nggak mau kotor sedikitpun.


Tapi lihat beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian... Mau kotor yah tersesah deh...
Hehehe... HABIS MANIS SEPAH DIBUANG

Cobalah rubah cara berpikir dan bekerja jangka pendek seperti itu, pikir kedepannya bagaimana?
Jangan pikir hanya saat ini, tapi pikirkan lebih maju...


Percuma bagun kanal besar-besar tapi penuh dengan sampah...

Bayak proyek yang saya sedih melihatnya, contohlah...

Perbaikan jalan di pantura,
Nggak bisa apa bikin yang bagus?
Mahal di awal yah gapapa, tapi gak ngerepotin di tahun-tahun berikutnya, bahkan "tradisi" dana perbaikan tiap tahun bisa dipakai untuk hal lain semacam kesehatan dan pendidikan gratis...

Trans Jakarta (busway),
Tujuannya bagus, supaya pengguna kendaraan pribadi mau naik kendaraan umum.


Gimana mau naik trans jakarta kalau ternyata pelayanan dan manfaatnya masih jauh dari pada pakai kendaraan pribadi. Taruhlah soal ketepatan waktu dan kenyamanan.


Mayoritas pejabat tinggi pemerintah saja kayaknya lebih memilih pakai mobil dinas daripada pakai trans jakarta? Betul nggak? Coba pikir, berarti trans jakarta kurang apanya?

Ibarat koki masak, yang sudah bikin makanan buat pelanggan tapi dia sendiri tidak mau makan masakannya...

KIR kendaraan pribadi,
Ini mah cuma 'hagat' di taun 2010...
Dari awal saya sudah memprediksi bakalan tidak jalan...


Lah kendaraan umum yang jumlahnya lebih sedikit dan trayeknya jelas (bisa dipantau setiap hari) daripada kendaraan pribadi, itu saja tidak beres...

Pikirin donk kalau bikin proyek itu kelanjutannya bagaimana?

Pajak pribadi dan subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak),
Tolong donk jangan cuma rakyat disuruh bayar pajak dan rakyat jagan pakai bahan bakar bersubsidi.


Buktikan dulu kalau fasilitas kesehatan dan pendidikan sudah lebih baik...


Kalau masih kayak begini, apalagi korupsi pejabat negara merajalela, rakyat akan merasa diperas dan dirugikan...


Rakyat bisa berfikir "oknum pejabat saja bisa korupsi duit negara, yah saya juga harus memanfaatkan duit negara dengan pakai bbm bersubsidi"

Masih banyak program-program yang saya sebut "ANTIK", namun saya tidak menuliskannya disini, karena terlalu panjang untuk diceritakan disini.

Tulisan ini hanya dari sudut pandang saya, inilah yang saya tangkap dan saya nilai...

Hanya orang lainlah yang bisa menilai kita,
Termasuk menilai saya sendiri, saya juga tidak bisa menilai diri saya sendiri...
Saya butuh kritik orang lain dan saya berusaha mendapatkan kritik itu agar saya bisa berbuat lebih baik.

So, back to topic...
Siapkah jakarta menghadapi banjir?


Saya rasa belum...


Semoga pemikiran saya salah...
dan semoga curah hujan tidak sebesar yang diperkirakan...


Kita liat saja nanti...