CBR150

Riding Test Honda CBR150 PGM-FI 2011 (Photo from Om Didik http://didik.blogsome.com/)

Bicycle

Riding bicycle on sunday morning...

Workshop

Cleaning motorcycle fuel tank with friends...

Unicycle

Unicycle exercise with friends...

Cornering

Cornering @ Dukuh Atas...

Pages

Rabu, 29 September 2010

Lem Gasket Mesin Honda Genuine Parts

Kemarin iseng ke HEPS (Honda Exclusive Part Shop),
tadinya pengen beli GASKET KIT-A buat mesin honda tiger,
eh ternyata barang yang saya cari itu habis,

lalu saya lihat ada lem gasket baru di lemari display-nya, saya beli aja deh tuh lem gasket.
Kata karyawan HEPS yang melayani saya, ternyata itu barang baru loh...


Harganya Rp 23.700 (per tanggal 28/9/2010)
Nama part nya GASKET CAIR.


Iseng deh liat tulisan-tulisan di belakang kotaknya ,
widih....
"AHM 1215" adalah gasket cair yang terbuat dari bahan........


Hahaha...
Pasti isinya lem threebond 1215 seperti yang sering saya pakai untuk bongkar-bongkar mesin motor.

Saya coba oles isi lem gasketnya di kotak-nya,


Eh beneran loh,
Isinya sama seperti isinya threebond 1215...
Setelah kering pun jadinya keras dan tidak kempes seperti lem gasket yang biasa dipake di bengkel umum.

Wah mantab nih AHM ngeluarin lem gasket ini...
lumayan ekonomis (kemasan kecil).
Kalau kita mau bongkar-bongkar mesin dan ingin lem mesin seperti aslinya di pabrik (yang tetep kenyal seperti karet, tidak mengeras, dan tidak berubah warna) yah bisa kita beli produk ini dengan ekonomis.

Threebond 1215 ukuran besar 250gr itu kena harga Rp 160 ribu/ tube.

Sampe sekarang juga belum abis-abis sih threebond 1215 saya. Karena kalau bongkar mesin paling cuma dipakai secolek doank sih...

Tapi kalo dibagi per gram nya sih memang yang lem gasket cair HGP ini lebih mahal... Hanya 20 gram tapi harganya Rp 23 ribuan.
Sedangkan yang threebond 1215 kemasan 250 gram itu harganya Rp 160 ribuan.

Eh Ducati aja pake threebond 1215 juga loh buat lem mesinnya


Jadi, kalo pengen bongkar-bongkar mesin dan butuh merekatkan bagian mesin yang tanpa gasket kertas/pelat, gunakanlah lem mesin keluaran honda ini...
Kalo mau pake dikit-dikit sih bisa beli yang Lem Gasket keluaran AHM ini,
tapi kalau mau ekonomis sih tetep... beli yang Threebond 1215 ukuran 250 gram...

Silahkan memilih... :)

Selasa, 14 September 2010

Cegah dop velg mobil copot/ hilang

Di bagian tengah velg mobil yang alloy (racing) biasanya ada dop (tutup) nya yang da lambang/merk kendaraan atau velg-nya...

Terkadang dop ini lama-lama menjadi kendor, alalagi kalau nih velg sudah beberapa kali di balancing (yang mengharuskan dop velg dibuka).

Jika dibiarkan, dop ini akan copot dan hilang...
Tampilan mobil pun menjadi jelek, karena bagian tengah velg menjadi bolong...
Apalagi biasanya harga dop velg ini tidak murah... Sayang juga kan kalau sampai hilan...

Ada tips sederhana supaya dop ini bisa menempel erat kembali di velg,
Ada orang yang pakai lem, ada yang pakai double tape, dsb...

Tapi kita yang praktis-praktis aja deh...
Tidak perlu sampai ngerepotin jika suatu saat dop velg ini mau dilepas dan dipasang lagi.
Betul nggak? :)

Yang perlu disiapkan paling cuma isolasi pipa air...

Itu tuh yang bentuknya seperti pita dan biasanya berwarna putih...
Merk isolasi pipa-nya boleh apa saja, gak masalah kok...
*bhineka tunggal ika deh...

Yuk kita mulai,
Pertama-tama, kita copot dulu dop nya yang longgar.
Biasanya kalau sudah longgar begini, dibuka pake bantuan obeng minus (dengan cara dicongkel) juga bisa copot dengan mudah dop-nya...

 
Setelah dop terlepas,
Siapkan deh isolasi pipa-nya....


Mulai lilitkan isolasi pipa di satu bagian pengait dop.

Cara melilitnya,
dibuat lilitan menjadi sedikit tebal dengan cara membuat lebar lilitan pita menjadi lebih kecil di bagian tonjolan pengait dop velg (jadi lebar pita yang dililitkan di dop velg menjadi lebih kecil caripada lebar pita yang pada roll isolasi pitanya).


Setiap satu tonjolan pengait dop, kira-kira diberi 5 lilitan isolasi pipa. (tidak perlu berlebihan, karena nanti dop nya malah susah masuk/ dipasang ke lubang velg).
Setelah tiap bagian pengait dop terlilit sebanyak 5 lilitan, maka lilitan pita isolasi pipa tidal perlu diputus, tapi dilangsungin aja ke tonjolan pengait yang satunya lagi...


Caranya lihat gambar...
Masukkan dulu ke bagian dalam tonjolan pengait dop lalu putar kearah luar mengitari tonjolan pengait dop...
(kalo kurang jelas, klik aja pada gambar di bawah ini agar keluar gambar yang lebih besar)... hehehe...



Kira-kira seperti ini lah alur lilitan isolasi pipanya...


Setelah semua tonjolan pengait dop terlilit isolasi pipa,
maka putuskan saja isolasi pipa yang masih sisa pada tonjolan pengait dop yang paling akhir...

Lalu pasang deh dop ke velg nya...


Tuh, mantab kan...
Dop velg sudah menempel erat lagi di velg nya...


Selamat mencoba yah...
Semoga bermanfaat...

Kamis, 02 September 2010

Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh di Jari Manis??

Tadi lagi buka-buka email lama untuk di sortir, eh ada artikel yang bagus...

Udah lama sih nih email, tapi menyentuh sekali buat saya... Dan saya akan simpan di blog saya yang ini sebagai arsip agar jika sewaktu-waktu ingin membacanya, saya tidak susah mencarinya...


---------- Forwarded message ----------
From: ANSOR
Date: 2010/5/26
Subject: [otomotif-l] OOT Mengapa Cincin Pernikahan Harus Ditaruh di Jari Manis??
To: indonesiacorollagti@yahoogroups.com, otomotif-l@yahoogroups.com, FK3O@yahoogroups.com
 
Ikuti langkah berikut ini, 
Tuhan benar2 membuat keajaiban (dicoba yah..) :
  1. Pertama, pertemukan kedua telapak tangan anda, jari tengah saling silang ditekuk ke dalam.
  2. Kemudian, 4 jari yang lain pertemukan ujungnya.
  3. Permainan dimulai, 5 pasang jari tetapi hanya 1 pasang yang tidak terpisahkan…
  4. Cobalah membuka ibu jari anda, ibu jari mewakili orang tua, ibu jari bisa dibuka karena semua manusia mengalami sakit dan mati.Dengan demikian orang tua kita akan meninggalkan kita suatu hari nanti.
  5. Tutup kembali ibu jari anda, kemudian buka jari telunjuk anda, jari telunjuk mewakili kakak dan adik anda, mereka akan memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka juga akan meninggalkan kita.
  6. Sekarang tutup kembali jari telunjuk anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak2. cepat atau lambat anak2 juga akan meninggalkan kita.
  7. Selanjutnya, tutup jari kelingking anda, bukalah jari manis anda tempat dimana menaruh cincin perkawinan anda, kamu akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri, selama hidup anda dan pasangan anda akan terus melekat satu sama lain. 
Ketika otak menerima pesan untuk menggerakan jari telunjuk kita, dapat digerakan. Begitu juga dengan jempol, tengah, dan kelingking kita.

Mengapa jari manis tetap diam tak dapat digerakan meskipun otak ini bersikeras mengoyahkan???
itulah kenapa dari dulu cinta didasarkan pada dorongan kuat dari perasaan .....bukan dari otak atau otot.

Terasa kan sekeras apapun otak dan otot kita bersikeras menggerakan jari manis kita,tetap tak bisa digoyahkan. simbol dari cinta sejati  ♥

Semoga Bermanfaat .....

Warm Rgds,
--
[ansor]
Burn Rubber Not Your Soul