CBR150

Riding Test Honda CBR150 PGM-FI 2011 (Photo from Om Didik http://didik.blogsome.com/)

Bicycle

Riding bicycle on sunday morning...

Workshop

Cleaning motorcycle fuel tank with friends...

Unicycle

Unicycle exercise with friends...

Cornering

Cornering @ Dukuh Atas...

Pages

Selasa, 09 Maret 2010

Fan Komputer bunyi, coba dibenerin donk... Jangan dibuang/ Ganti baru..

Sedang asiknya bekerja kok tiba-tiba ada bunyi aneh di komputerku..

Saya biarkan saya,

Besok paginya saya kembali datang ke kantor, begitu menghidupkan komputer, kok bunyinya tambah parah?

Akhirnya saya buka dan lihat-hilat daleman CPU, ternyata ada satu kipas yang bermunyi kasar...
Kipasnya seperti oblak saat berputar.

Saya copot deh tuh kipas,
Tadinya mau saya buang, tapi kok sayang yah...

Cari-cari ide, "Bisa gak yah di betulin?"

Tapi kok gak ada baut-bautnya buat mretelin (bongkar) tuh fan/kipas...

Akhirnya coba saya kletek (copot) stiker lingkaran yang ada tulisan spesifikasi kipasnya.

Eh kelihatan tuh ada as/ poros kipasnya..


Kebetulan ada chainlube buat rantai nih,  aslinya nih chainlube sih saya pake untuk rantai motor dan rantai sepeda saya. Namun apa salahnya dicoba pada fan komputer, namanya juga nyoba...
Betul gak?

saya coba semprotin ke lubang poros/as kipas komputer tersebut.

Saya biarin cairan chainlube meresap ke dalam poros sambil kipasnya diputer2.

Sedikit harus sabar sih, soalnya cairan ini agak lama masuk ke dalam poros kipasnya...

Puter-puter terus kipasnya... Terussss... Terussss.....




Ditungguin kok masih lama juga,
Biar cepet,  saya coba tancepin aja soketnya ke komputer,
*eh hati-hati yah, kalo grounding komputernya gak bagus, casing komputernya biasanya bikin "nyetrum" lho...


Wih ternyata dengan menghidupkan kipasnya secara langsung, cairannya lebih cepat meresap ke bagian dalam poros/as fan.

Lama-lama suara kipas yang tidak enak menjadi halus dan senyap...

Wah berhasil deh....
Ahahahahaha....



Sip dah,
Dengan sedikit ngoprek, kipas/ fan pendingin CPU tidak perlu dibuang dan tidak perlu diganti dengan yang baru...

Hemat uang dan sayang lingkungan kan?
Tuh kipas gak perlu jadi sampah electronic.
Ayo yang kipas komputernya bunyi2, mari kita reparasi yuk....

Senin, 01 Maret 2010

Nyalakan Lampu Sepeda Motor di siang hari...

 PASAL 107 Ayat (2) UU LLAJ No.22 Tahun 2009:
Setiap Orang Yang Mengendarai Sepeda Motor di Jalan WAJIB Menyalakan Lampu Utama di Siang Hari
Minggu lalu saya dan sahabat-sahabat saya mengadakan touring ke Baturraden di kota purwokerto Jawa tengah...

Eh ada hal yang unik nih, buruan deh saya ambil videonya...
Silahkan di lihat videonya di bawah ini...
*anggap aja hanya oknum. mungkin beliau lupa...

Sudahkah kita mulai dari diri kita sendiri?

http://www.youtube.com/watch?v=sRTo6zs2xdw