CBR150

Riding Test Honda CBR150 PGM-FI 2011 (Photo from Om Didik http://didik.blogsome.com/)

Bicycle

Riding bicycle on sunday morning...

Workshop

Cleaning motorcycle fuel tank with friends...

Unicycle

Unicycle exercise with friends...

Cornering

Cornering @ Dukuh Atas...

Pages

Minggu, 02 Maret 2008

Honda Tiger (GL-200 S) sederhana saya...

Iseng buka2 file gambar kerjaan saya dulu,
eh nemu gambar yang sudah lama nggak saya lihat,
yaitu gambar Honda Tiger rencana modifikasi saya.

Modifikasinya nggak Extrim banget, sederhana saja, yang penting enak dilihat dan nggak nyusahin.


















Sekilas tidak ada perubahan,
ya... memang itulah keinginan saya, tidak terlihat modifikasinya.

Dimulai dari depan,

*Fender menggunakan New Megapro, selain lebih lebar dari tiger, fender New MegaPro mempunyai bentuk yang bagus seperti lumba-lumba.

*Disc Brake pake New Megapro juga, design sirip2 (lubang2) disc brake nya lebih sporty. ini masalah penampilan saja sih...

*Tambahannya, rem depan dan belakang sudah dilengkapi modul ABS (Anti-Lock Brake System). Yang paling kentara dari adanya system ABS ini adalah dipasangnya sensor putaran roda di tengah2 piringan cakram (depan dan belakang).
yah setidaknya membuat pengendaraan Honda Tiger ini makin aman lah.

*Caliper Rem depan menggunakan milik New Tiger Revolution, design-nya memudahkan dalam perawatan dan penggantian pad set (kampas rem).

*Lompat sedikit ke bagian belakang, Rem belakang menggunakan type Disc. Disc Brake (piringan) belakang diambil dari Honda Tiger Revolution, tetapi Caliper-nya (kepala babi) menggunakan jenis yang serupa dengan bagian depan (type 2 piston).

Kenapa pakai 2 piston?
Pertimbangannya sederhana, supaya dalam membeli pad set (kampas rem) motor ini cukup menggunakan 1 jenis kampas rem. selain itu, supaya parts caliper sama dengan depan, jadi nggak ngerepotin ketika menyetok spare parts di rumah.

Loh kok depan belakang pakai type caliper 2 piston? Apa rem belakang tidak terlalu pakem?
Tenang, kan diameter Disc Brake (piringannya) beda, depan menggunakan diameter 260mm (Disc Brake depan New MegaPro), sedangkan belakang menggunakan diameter 220mm (Disc Brake belakang New Tiger Revolution)

Lanjut agak ke bagian atas,
* Kuping lampu diganti dengan model alumunium tebal, dan dibuat agak datar.
Yah mirip seperti kepunyaan Suzuki Thunder lah... supaya berkesan sedikit kokoh.

*Lampu Sein (winker) diambil dari Honda CB 400 SF.
Memang sama dengan milik Honda Tiger Revolution, tetapi ada perbedaan sistem terutama di sein bagian depan.

Pada saat kunci kontak di posisi "ON", lampu sein depan akan menyala, ini adalah position light (kalau disini baru ada di Yamaha Mio, coba lihat deh, kalau malem sein nya nyala dua-duanya. Tapi kalau CB 400 SF, sein-nya nyala selama kunci kontak di posisi "ON")

Kalau belok bagaimana?
Position Lamp 5 watt yang ada di dalam sein akan mati ketika saklar sein dihidupkan, lalu yang menyala berkedip-kedip adalah lampu sein-nya (21 watt).


*Spion menggunakan Honda CB 400 SF juga, kelihatan lebih kekar saja sih...

*Supply bahan bakar tidak lagi menggunakan karburator, tetapi diganti menggunakan Throttle Body dengan sistem PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang diaplikasi dari motor 1 silinder kapasitas sejenis.
Selain lebih ramah lingkungan, bahan bakar lebih irit dan lebih mudah dalam melakukan setting mesin, karena cukup diatur lewat computer yang hasilnya akurat.



Selain itu, sistem komputer PGM-FI memudahklan dalam melakukan perawatan motor, karena untuk mengetahui bagian yang bermasalah, Cukup memperhatikan kedipan lampu "Engine Check" (Malfunction Indicator Lamp) atau bisa juga mengetahui masalah dengan memasang alat Engine Diagnosis pada box "DIAGNOSIS"






Alat yang digunakan untuk mengecek masalah sudah banyak dijual dipasaran....
kira2 gambaran alat-nya seperti ini




























atau bisa yang ukurannya lebih kecil/ringkas supaya mudah dibawa kemana-mana terutama ketika lagi jalan-jalan keluar kota...

Ada Trouble? Tinggal "colok" engine diagnosis-nya
Nggak perlu bongkar ini itu dan nebak-nebak sana sini kan? supaya hemat waktu...




























Kalau buat dirumah, untuk mengetahui masalah yang lebih detail, ya soket DIAGNOSIS pada motor dihubungkan pada komputer, supaya pemeriksaan nya lebih akurat... tul gak?


















*Cover Throttle Body (dulunya karburator) dibuat menyerupai milik Honda CB 1300 Super Four. Design tutupnya lebih yahud dan gahar. Dipadukan dengan sedikit penyesuaian pada right side axis body, Cover Throttle Body jadi terlihat manis...

*Seat (Jok) dibuat menyerupai CB 1300 Super Four, design "punuk onta" pada bagian tengah membuat boncenger tidak mudah merosot ke depan sehingga menggangu "konsentrasi" pengendara.














*Rear Chussion (Suspensi Belakang) menggunakan Showa milik Honda CB 1300.

Didukung dengan 3 tempat penyetelan (kekerasan Pegas, Panjang Travel , dan Tekanan Gas), membuat Honda Tiger ini semakin nyaman dikendarai, meskipun memang bantingannya sedikit agak keras dari standarnya.



Mengingat Bobot Honda CB 1300 SF yang dua kali lipat dari bobot Honda Tiger, Yah nggak papa lah bantingan suspensi belakang agak sedikit keras.






















*Untuk knalpot (muffler), design sekat-sekat bagian dalamnya masih standar, tetapi exteriornya (bahan maupun bentuk) dibuat menyerupai muffler CB 1300 SF supaya terkesan lebih sporty












*Terakhir pada sistem keamanan, Motor ini dilengkapi dengan sistem alarm motor terpadu yaitu HISS (Honda Ignition Security System) built-in immobilizer.

Kunci sepeda motor dilengkapi chip khusus yang membuat motor ini "hanya bisa dihidupkan "menggunakan kunci sesuai pasangannya. (kecuali takdir Allah SWT berkata lain).

Yah setidaknya kunci "T" susah bekerja pada sistem HISS ini lah...



Dari semua fitur yang ada, Honda tiger ini menurut saya enak diajak jalan jalan dan mudah dalam perawatan...

kapan yah motor ini bisa terwujud "TOTAL"?
Sebagian sih udah, tinggal beberapa point lagi nih....
Doa-in aja yah....

HONDA
The Power Of Dreams